Lembaga Penelitian
Universitas Tanjungpura

Jalan Daya Nasional, Pontianak 78122 Kalimantan Barat. Email : [email protected]

Universitas Tanjungpura

Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Fakultas Kedokteran

Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Escinano 2012

Tim Penelitian Unggulan Stranas/RUSNAS DIKTI, diundang untuk memberikan kuliah umum di UTM.

DETAIL BERITA LEMLIT

Alih Fungsi Lahan:Tiga Juta Ha Menunggu Keputusan Menhut

Diposting oleh : admin | 01 Okt 2012

Pontianak. BCC. Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Barat di Tingkat Dewan Perwakilan Daerah masih belum bisa dilakukan. Karena masih menunggu keputusan DPR RI dan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kehutanan,  tentang luas areal perubahan dan alih fungsi lahan hutan yang di setujui.

Hamdani mengatakan“Ada 3 juta hektar (Ha) yang diusulkan untuk dilakukan perubahan dan alih fungsi kawasan. Di usulkan tim terpadu sekitar 7 sampai 18 ribu (Ha),  tinggal bagaimana DRPR RI dan Menteri kehutanan menyikapi berapa luas yang akan disetujui,”.

Handani selaku Konsultan Hukum RTRWP DPRD Provinsi Kalbar menjelaskan, semua wilayah hutan yang ada  bagian pembahasan dalam RTWP. Persetujuan terhadap alih fungsi lahan tidak semata wewenang pemerintah daerah, tetapi ada bagian pemerintah pusat, khususnya menteri Kehutanan dan DPR RI khusus wilayah strategis.

“terkait dengan tata ruang yang diusulkan pemerintah Provinsi, karena ada perubahan fungsi kawasan yang perlu persetujuan Menteri Kehutanan dan menyangkut wilayah strategis harus ada persetujuan DPR RI, nah ini sedang ditunggu dan sampai sekarang belum ada persetujuannya.”ungkapnya.

Hamdani berharap, keputusan perubahan dan alih fungsi lahan hutan sudah disetujui sesuai pertimbangan pemerintah pusat, sehingga pembahasan RTRW Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat dilaksanakan kembali demi pembangunan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. frn

 

 
Total Pengunjung

017871

Diskusi Online
Jurnal Terbaru
Link Terkait
Silakan Tunggu...